RazKode ID Loading...

Pengenalan Tentang Apa Itu Bootstrap?


Bootstrap merupakan komponen penting dalam sebuah web developer terlebih lagi untuk pemula yang ingin belajar membuat situsnya sendiri. Bootsrap juga tidak hanya digunakan oleh pemula bahkan seorang yang sudah pro juga memakainya. Yaaa. karena bootstrap membantu dalam membuat situs tanpa harus kita ngoding CSS Native / CSS kodingan sendiri.

Oke simak penjelasan saya tentang Bootstrap.

Apa itu Bootstrap ?

Bootstrap merupakan sebuah library atau biasa disebut framework CSS yang dibuat secara khusus untuk desain web pada bagian front-end website. Bootsrap juga termasuk salah satu dari framework HTML, Javascript, dan juga CSS yang sangat populer pada web developer.

Bootstrap adalah framework yang open source atau gratis untuk pengembangan web dengan mudah dan efektif. Bootstrap memiliki template desain berbasis HTML dan CSS untuk tipografi, form, tombol, tabel, navigasi, modals, carousels gambar dan lain-lain, serta plugin JavaScript opsional. Bootstrap juga memberi kamu kemampuan untuk membuat desain responsif dengan mudah.

Selain itu, website juga akan lebih ringan dan rapi. Bootstrap juga memberikan kebebasan di dalam mengembangkan tampilan website dari frameworknya. Seperti mengubah tampilan, element, dan class yang sudah ada pada bootstrap.

Bootstrap juga memiliki class class yang siap digunakan. Jadi kamu tidak perlu bikin manual dengan CSS contohnya jika kamu ingin membuat sebuah card dengan deskripsi dibawahnya. Maka kamu hanya perlu mencari di dokumentasi nya dengan keyword card.

Fungsi Dari Bootsrap

Bootstrap berfungsi untuk situs web ataupun aplikasi web. Bootstrap berisi HTML dan CSS sehingga memiliki template untuk tipografi, card, button, navigasi dan komponen komponen lainnya, serta ekstensi opsional JavaScript. Hal ini dibuat bertujuan untuk memudahkan developer dalam pengembangan webnya. Karena bootsrap adalah framework HTML dan CSS, front-end para programmer sering menggunakan bootstrap ini.

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Bootstrap?

  • Mudah digunakan: Kamu tidak perlu jago Front-End dengan bootsrap kamu sudah bisa membuat situs kamu sendiri, tapi juga diusahakan kamu paham tentang HTML, CSS, JavaScript.
  • Fitur responsif: Bootstrap memiliki fitur tampilan responsive,sehingga mendukung segala jenis resolusi, baik itu PC, tablet, dan juga smartphone. 
  • Pendekatan Mobile-first: Pada Bootstrap , gaya mobile-first adalah bagian dari kerangka inti
  • Kompatibilitas browser: Bootstrap bisa kompatibel dengan semua browser modern (Chrome, Firefox, Internet Explorer, Safari, dan Opera)
  • Dapatmempermudah developer dalam merancang web. Dikarenakan tidak perlu ngoding dari 0
  • Tampilan bootstrap sudah pas dalam bentuk yang modern. Kamu juga bisa mengubah kode dari bootstrap agar sesuai dengan keinginan kamu 
  • Website menjadi Sangat ringan ketika diakses, 
  • Struktur yang dimiliki oleh bootstrap menggunakan Less. Dimana Less merupakan sebuah teknologi dari CSS yang cukup terkenal akan kemudahannya. Less menawarkan banyak fleksibilitas dan juga kekuatan.
See Also :