RazKode ID Loading...

Pengenalan Tentang Apa Itu Cyber Security - Part 1



Cyber Security Adalah Salah Satu Hal Yang Juga Tidak Dapat Dipisahkan Dengan Developer.
Disini saya akan menjelaskan betapa pentingnya keamanan pada sebuah website. Oke lanjut tentang pengenalan.

Apa itu Cyber Security?

Cyber Security atau biasa dikenal dengan Sistem Keamanan Internet merupakan perlindungan keamanan informasi dan data yang dilakukan untuk menjaga suatu informasi pada teknologi yang bersifat privasi. Pada era modern yang dimana semuanya serba digital seperti saat ini, Cyber Security merupakan satu teknik keamanan yang harus  dikuasai oleh seluruh developer walaupun tidak harus menjadi ahli minimal developer tau sebuah kemanan untuk produknya/ aplikasi yang dibuat dan juga berlaku untuk seluruh orang yg mengunakan internet. Pada saat ini semua orang sangat bergantung dalam teknologi & internet lantaran sekarang kebanyakan sesuatu bisa dilakukan dengan teknologi dan internet secara mudah dan efisien misalnya mencari informasi,berkomunkasi,transfer data,transaksi online,usaha & lain sebagainya dilakukan menggunakan hal itu.
Tapi, apakah kalian juga tau bahwa teknologi kita ini juga belum tentu aman. Pasalnya banyak hacker yang mencoba meretas sebuah aplikasi ataupun situs. Seperti yang kita lihat di Indonesia maraknya pencurian data entah itu di Personal,Perusahaan, E-Commerce ataupun dari Pemerintah juga banyak data yang terambil.

Cyber Security adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang yang mengunakan teknologi dan internet supaya terhindar dari peretasa yang mengekploitasi Situs, Aplikasi, Perangkat maupun akun sosial median kalian dari hackerr. Hal itu yang membuat Cyber Security perlu diterapkan secara efektif pada diri kita masing masing. Cyber Security memiliki tujuan untuk melindungi hal hal yang bersifat pribadi atau rahasia seperti data,program,jaringan,akun,perangkat dan lain sebagainya.Cyber security dapat berubah –ubah sesuai dengan perkembangan sistem dan kemajuan teknologi yang semakin maju setiap waktunya.

Konsep Dasar Tentang Cyber Security

1. Confidentiality (Kerahasiaan)

Confidentialy atau Kerahasiaan adalah usaha untuk merahasaikan data dengan cara mengontrol akses data agar dapat menghindari bocornya data dan kebobolan kerahasiaan dari data kita.

Salah satu caranya dengan memberi perbedaan permission atau wewenang akses kepada pihak yang bersangkutan dan pihak luar . Contohnya, hanya admin yang dapat mengakses bagian pelaporan yang memiliki akses ke database pelaporan perusahaan. Selain admin tidak bisa mengakses bagian dalam dan hanya bisa melihat struktur perusahaan yang berisi data publik seperti nama dan jabatan.

2. Integrity (Integritas)

Integrity atau Integritas lebih kepada teknologi yang diberikan untuk dalam memberikan ke sesuaian informasi yang akurat dari sebuah data, kuat , terpercaya, dan data yang konsisiten yang tidak diubah oleh user.

Contohnya jika kalian memiliki bisnis personal ataupun e-commerce. Kalian harus memberi informasi yang jelas tentang produk yang kalian punya. Hal ini akan membuat customer kamu percaya dengan integritas dari perusahaan kalian.
Dalam konteks yang sama kalian harus memastikan keamanan dari user agar tidak terjadi sebuah kebocoran data.

3. Availability (Ketersediaan)

Availability atau Ketersediaan merupakan komponen terakhir dari CIA Triad, availability berperan pada ketersediaan dari produk / data anda. Dalam bisnis, tersedianya sistem, aplikasi dan data yang dapat diakses pelanggan adalah kewajiban.
Contohnya pengguna M-Banking atau E-Wallett dimana pengguna harus melakukan transfer mendadak. Pengguna akan kecewa ketika aplikasinya tiba-tiba down atau tidak dapat diakses. Hal tersebut dapat  mengurangi kepercayaan pengguna kepada bank bersangkutan. Belum lagi jika Customer Service tidak fast respon tentu saja akan membuat jengkel pengguna. Misal terjadi sebuah insiden dimana pengguna sudah melakukan transfer tetapi tidak masuk ke saldo penerima.

Jenis Jenis Elemen Pokok Cyber Security

  • Dokumen security policy
  • Information infrastructure
  • Perimenter defense
  • Network monitoring system
  • System information and event management
  • Network security assessment
  • Human resource dan security awareness
Oke cukup sekian pengenalan tentanf Cyber Security Tunggu Part Selanjutnya Untuk Pengenalan Cyber Security

See Also :