RazKode ID Loading...

Pengenalan Tentang Apa Itu Python


Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer didunia. Bahkan saat ini python menduduki peringkat 1 bahasa paling populer. Bahasa Python mengutamakan kerapihan dalam menulis kode agar mudah dibaca oleh orang lain. 

Langsung saja kita berkenalan dengan bahasa yang satu ini

Pengenalan Dan Sejarah Python

Bahasa pemrograman python diciptakan oleh "Guido Van Rossum" pada tahun 1989 di "Centrum Wiskunde & Informatica (CWI)", sebuah pusat riset di bidang matematika dan sains, Amsterdam-Belanda.

Python pertama kali dirilis pada tahun 1991 dengan label versi 0.9.0, yang kemudian pada tahun 1994 di perbarui dengan versi 1.0. 

Pada april 1995, Guido pindah ke "Corporation For National Research Initiatives (CNRI)", sebuah laboratorium riset di Reston-Virginia. Disini Python terus dikembangkan mulai dari python versi 1.3 sampai python versi 1.6. Yang paling populer adalah versi 1.5.2 pada tahun 2000-an.

Guido dan tim CNRI membawa python ke "BeOpen.com", sebuah perusahaan yang banyak merekrut para pengembang Open-Source. Disini Guido dan tim membentuk "PythonLabs" dan berhasil mengembangkan python versi 2.0.

PythonLabs direkrut oleh "Digital Creation" (saat ini bernama "Zope Corporation"), perusahaan yang bergerak di bidang pembentukan produk Open-Source untuk "Content Management System (CMS)".

Tahun 2001, Guido dan tim memutuskan untuk lepas dari "Digital Creation" dan membentuk komunitas baru bernama "Python Software Foundation (PSF)". PSF ini adalah organisasi non-profit pemegang lisensi python sejak versi 2.1 sampai sekarang.

Python juga mengutamakan kerapihan dalam menulis kode agar mudah dibaca oleh orang lain. Dan karena inilah di python terdapat error jika kita tidak menempatkan / menggunakan indentasi dengan benar. 

Kelebihan Bahasa Python

Mengapa python bisa menjadi bahasa terpopuler ? karena python memiliki beberapa kelebihan dari bahasa pemrograman lain seperti C++, JAVA, PHP dll. 
Lalu, apa saja kelebihan Python, mari kita bahas disini ??

Kelebihan Python :

  • Mudah Dipahami
  • Gratis
  • Dynamic
  • Multi Platform
Bedakan dengan bahasa lain

Python :


print("Hello World")

C++ :


#include <iostream>

int main() {
    std::cout << "Hello World!";
    return 0;
}

JAVA :


class HelloWorld {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Hello, World!"); 
    }
}

Gimana? lebih enakan mana?

Kesimpulan

Bahasa python berfungsi untuk Data Science, Data Analysis, Data Visualization, Machine Learning, Computer Vision, Game Development, dan lain-lain. Dan kalian juga jangan terlalu khawatir tentang istilah-istilah tersebut, nanti di materi selanjutnya juga akan Saya kasih penjelasannya. 

Di python juga terdapat banyak library-library yang mempunyai fungsi-fungsi tersendiri guna membantu dan mempercepat dalam membuat suatu program. Beberapa library yang ada di python ialah : Numpy, Pygame, Matplotlib, Pandas, dan masih banyak yang lainnya. 

Python juga memiliki kelebihan dinamic dan fleksibel karena dapat digunakan untuk paradigma pemrograman apapun. Python bisa digunakan untuk paradigma Struktural, Fungsional, ataupun OOP (Objek Oriented Programing).

Python bisa digunakan untuk mengembangakan program di berbagai platform. Python bisa digunakan untuk  pengembangan Website, Mobile Apps, Desktop App, bahkan sering juga di pakai untuk DevOps.

Sekian penjelasan mengenai Python semoga bermanfaat bagi kamu dan dia. Ok terimakasi
See Also :