RAZPiblog Soft RAZPiblog Soft

5 Layanan Hosting Gratis Yang Recommended Buat Kamu

5 Layanan Hosting Gratis Yang Recommended

Pembukaan

Hampir semua website memakai konten statis, antara lain yg paling generik merupakan Javascript & Stylesheet CSS. Untuk menghosting konten statis ini umumnya mereka memakai CDN dimana hampir semua pengguna pada global bisa mengakses kontennya lantaran server CDN terbagi pada setiap daerah pada global atau negara.

Selain sebagai CDN kita juga bisa menggunakannya sebagai hosting website statis, karena pada dasarnya website yang ditampilkan di web Browser adalah web statis, Hanya saja website dinamis yang memerlukan backend atau developer di bagian server untuk membuat halaman dinamis biasanya digunakan pemrograman backend tersebut seperti php, python, node dan sejenisnya

Untuk menayangkan atau meng online situs, ada banyak sekali pilihan. Tapi terkadang penyedia hosting memberikan perintah perintah yang cukup membuatmu kesulitan apalagi untuk yang belum pernah menggunakan terminal.

Disini saya akan membagikan rekomendasi hostingan yang gampang untuk pemula.

1. Netlify

Netlify adalah penyedia layanan hosting untuk website statis dengan banyak fitur menarik.

Netlify menyediakan semua kebutuhan untuk workflow web development.

Karena di Netlify tidak menggunakan FTP seperti yang biasa kita temukan pada shared hosting lainnya.

Netlify menggunakan Git dan CI/CD untuk melakukan deployment. Tools ini dapat membantu dalam melakukan deployment.

Selain itu, Netlify juga menyediakan fitur untuk mengelola DNS, SSL atau HTTPS diberikan gratis, form, function, dan lain-lain.

Kamu juga bisa melakukan custom domain pada netlify secara gratis.

Netlify juga memiliki fitur custom page seperti 404 403 dll.

Dan lebih gampangnya kamu bisa melakukan deploy dengan github.

2. Github


GitHub merupakan manajemen project, sistem versioning code, sekaligus platform jaringan sosial bagi para developer seluruh dunia. Selain itu github juga memiliki fitur untuk menghosting halaman website statis seperti halnya website personal, website organisasi dan halaman Website project.  

Github pages menyediakan penyimpanan 1GB dengan bandwith 100GB setiap bulan dengan custom domain dengan ssl jika menggunakan subdomain yang disediakan, SSL tidak dapat digunakan untuk custom domain. Walaupun begitu kita bisa menggunakan Cloudflare.

GitHub juga memberikan layanan cloud untuk menyimpan dan mengelola project/repository git. Karena bersifat online, kita meng-edit sebuah repository/project secara bersamaan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Oleh karena itu, platform ini sangat membantu tim project dalam menyusun suatu folder yang berisikan files terkait pemrograman.

3. Heroku App


Heroku juga termasuk ke dalam kriteria jenis Platform As A Service atau yang disingkat menjadi PaaS, yang dimana fungsi PaaS ini ialah user yang ingin melakukan penyebaran atau deploy aplikasi proyeknya ke heroku cukup dengan melakukan konfigurasi pada aplikasi proyek yang ingin Kamu deploy tentunya dan juga sudah terdapat platform untuk memungkinkan pengguna menjalankan, mengembangkan, dan bahkan mengelola aplikasi tanpa kompleksitas membangun serta memelihara infrastruktur data yang sudah terkait ke dalam pengembangan dan peluncuran aplikasi proyek, selain dari Apa Itu Heroku dan Cara Deploy Proyek Pertama di Heroku ada juga manfaatnya loh, berikut adalah manfaat dari Heroku.

4. 000Webhost


Web Hosting Gratis 000Webhost sangat tepat bagi Anda yang ingin membuat website berskala kecil maupun menengah. 000webhost menyediakan hosting dan domain gratis 2021 aktif selamanya yang mendukung PHP, MySQL, cPanel. Walau pun gratis tapi platform tersebut menyediakan fitur yang lumayan yaitu 300 MB disk space, limited 3 GB bandwith, proteksi cloudflare, 1 akun ftp, 1 cronjob dan 1 data MySQL.

5. Nasi Hosting

Kali ini penyedia layanan hosting gratis dari Indonesia. Hosting gratis pertama di Indonesia yang dibangun dengan sistem sendiri dengan open source code. Aplikasi nasihosting open source bisa diakses di github dengan lisensi GNU GPL v3. Nasihosting diamankan dan disupport langsung oleh X-code Profeesional - https://xcode.co.id/professional ( PT. Kode Keamanan Indonesia ).
Fitur Nasi Hosting: 
  • Menggunakan processor Intel Xeon
  • Menggunakan subdomain nasihosting.com
  • Menggunakan PHP 8.0
  • Free SSL (Menggunakan HTTPS)
  • Bisa request menggunakan domain sendiri jika sudah punya domain
  • Tidak ada backup
  • Kapasitas share dengan user lain, upload file dibatasi 35 MB
  • Database 1 buah
  • Menggunakan server 2
  • Akun yang yang tidak digunakan sebagaimana fungsi website akan otomatis dihapus subdomainnya (Batas waktu 1 minggu)

6. Infinity Free

Untuk infinityfree kalian hanya cukup melakukan registrasi sama seperti web hosting gratis dari 000webhost. Fitur disediakan oleh infinityfree yaitu:
  • Unlimited free disk
  • unlimited bandwidth
  • 400 Mysql Database
  • Support PHP5.4, PHP5.5, PHP5.6, PHP7.4
  • Full .htaccess support
  • Free Subdomain Names
  • Free SSL untuk semua domain
  • Free DNS Service
Fitur fitur yang disediakan cukup untuk belajar wordpress dengan webhosting gratis dan domain gratis dari infinityfree. Infinityfree ini juga mendapatkan subdomain.
salah satu fiturnya juga bisa membuat kamu custom domain kamu sendiri dihostingan

Penutup

Oke cukup sekian beberapa rekomendasi layanan hosting gratis buat kamu yang ingin mengupload hasil karya website atau pun untuk belajar. Semoga dapat membantu kamu.

See Also :