RazKode ID Loading...

7 Project Python Untuk Pemula Yang Bisa Jadi Referensi Kamu

 


Sebagai pemula programmer tentu saja tidak cukup dengan materi saja. Sebuah praktek dibutuhkan agar tau seberapa paham dengan materi yang dipelajari. Pasti kamu sering bingung kan mau paratekin tapi bikin apa gatau... Mungkin artikel ini bisa berguna buat kamu yang mau belajar bikin sebuah projek yang bisa membuatmu mengetes skill.

Langsung saja saya bagikan projek yang biasa di kerjakan oleh pemula programmer python.

1. Madlibs

MAD LIBS adalah salah satu permainan kata yang menyenangkan di dunia. Beberapa bahkan akan menyebutnya sebagai salah satu 'PERMAINAN KATA TERPOPULER'. Jika kamu senang bermain-main dengan kata-kata, maka kamu mungkin setuju membuat projek ini.

Contoh Project :
Madlibs / Rock Paper Scissors / Binary Search: https://github.com/kying18/beginner-projects

2. Guess the Number / Acak Angka

Guess The Number adalah permainan yang bertujuan untuk mengacak angka yang telah ditentukan. Misalnya, angka 1 - 10. Maka project ini dibuat untuk mengacak angka antara 1 -10.  Project ini juga salah satu yang populer dibuat oleh kebanyakan pemula.

Contoh Project :

3. Rock Paper Scissors / Kertas Batu Gunting

Rock Paper Scissors adalah permainan yang semua orang pasti tau. Ya, permainan kertas batu gunting. Ini juga salah satu project pemula yang sering dipakai.

4. Hangman

A Hangman Game On Python adalah tentang menebak huruf (A-Z) untuk membentuk kata-kata. Jika pemain menebak huruf yang benar yang ada di dalam kata, huruf itu muncul di posisi yang benar. Pengguna harus menebak kata yang benar sampai seorang pria digantung, kemudian permainan berakhir.

Contoh Project : 

5. Tic-Tac-Toe

Tic-tac-toe adalah permainan dua orang, yang biasanya dimainkan di kotak persegi 3x3. Setiap pemain menempati sel secara bergiliran, dengan tujuan menempatkan tiga tanda dalam pola horizontal, vertikal, atau diagonal. Satu pemain menggunakan tanda silang 'X' sebagai penandanya, sementara yang lain menggunakan 'O' kosong.

Contoh Project : 

6. Sudoku

Dalam permainan Sudoku kita harus mengisi setiap kosong kotak dengan bilangan bulat antara 1 dan 9 sedemikian rupa sehingga setiap angka dari 1 hingga 9 muncul sekali di setiap baris, setiap kolom dan setiap kotak kecil berukuran 3 kali 3 disorot dengan tebal perbatasan.

Contoh Project : 

7. Photo Manipulation in Python

Saya akan menunjukkan cara mengedit gambar menggunakan Python. Proses mengedit gambar ini disebut Manipulasi Gambar. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa Kamu perlu melakukan beberapa manipulasi pada gambar sebelum menggunakannya dalam kodemu.

Contoh Project :

Oke cukup sekian informasi yang saya bagikan semoga menambah wawasan atau inspirasi kamu untuk belajar python. Semoga menjadi programmer yang handal

See Also :