RAZPiblog Soft RAZPiblog Soft

Belajar Membuat Session Login Pada PHP Tanpa Database

 


Oke temen temen kali ini kita akan belajar membuat session login di PHP tanpa harus memerlukan database.

Session login pada PHP sangat berguna pada web yang membutuhkan user login untuk menggunakan web. Dengan session login kita bisa mencegah seseorang untuk direct langsung terhadap suatu halaman proses yang ada pada web.

Pertama tama buat lah file bernama login.php


Lalu copy code diatas ke dalam file login.php

Penjelasan :

Kegunaan dari fungsi session_start(); adalah untuk memulai eksekusi session pada server dan kemudian menyimpannya pada browser. Dengan intruksi ini menunjukkan pada saat session di mulai, semua session akan diaftarkan selanjutnya akan disimpan.
Unruk error_reporting(0); sendiri kegunaannya hanya untuk menghilangkan notif error saja. Itu tidak perlu dipakai

Selanjutnya. Kode diatas merupakan aksi/tindakan jika user menekan tombol logout / kamu inputkan dengan parameter logout=true. Maka yang terjadi adalah menghapus sesi kamu.
session_destroy sendiri digunakan untuk mengakhiri session pada PHP, dengan perintah ini maka file session akan dihapus dari server. contohnya ketika user logout, maka session akan berakhir dan user diminta untuk login kembali.

Pada bagian ini, Jika password yang kamu inputkan sama dengan $password maka kamu akan meregenerasi id sesi untuk kamu bisa login. Sedangkan sha256 adalah kode enskripsi yang digunakan untuk mengenskripsi password kamu, bisa kamu ganti dengan format enkripsi lainnya seperti md5

Pada bagian ini diperintahkan jika sesi nya benar makan kamu akan masuk. Tapi jika salah makan akan mulcul notif jika password salah.


Cukup sekian belajar dari saya membuat session login dengan PHP tanpa harus menggunakan database. Nantikan belajar bersama saya di artikel lainnya....

See Also :