RAZPiblog Soft RAZPiblog Soft

Pengenalan Tentang Apa Itu PHP(Hypertext Preprocessor)

 

Oke temen temen kali ini saya akan mengenalkan tentang apa sih pemrograman php itu?

OKe mari saya jelaskan terlebih dahulu tentang php

Pengenalan

Pemrograma PHP:Hypertext Preprocesor atau disebut PHP adalah bahasa scripting yang terikat dengan HTML atau front end dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja berupa HTML. Untuk membedakan perintah HTML dan PHP digunakan tanda atau PHP dapat diaplikasikan dengan berbagai macam database, seperti MySQL, PostgreSQL,, Oracle, dan lainnya. Kamu bisa menjalankan HTML di PHP tapi tidak untuk PHP di HTML.

PHP juga dapat membentuk halaman web yang dinamis, yaitu halaman web yang dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan halaman permintaan terkini, seperti menampilkan isi basis data ke halaman web. PHP adalah Open Source Product, sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas.

Persiapan yang diperlukan untuk belajar PHP diantaranya adalah:

  • Sistem operasi bisa menggunakan windows
  • Browser seperti mozilla firefox, internet explorer, google chrome dll.
  • XAMPP merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi utama web di dalamnya. Di dalam XAMPP tersedia  instalasi modul PHP, MySQL, web server Apache. Untuk XAMPP terbaru dapat diunduh di  http://sourceforge.net/projects/xampp/
  • Web editor. Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengetikkan kode-kode program PHP, HTML, Javascript. Seprti Notepad, Notepad++, Adobe dreamweaver dan sebagainya.

Struktur Penulisan

Untuk struktur penulisan dari PHP sendiri, dibagi menjadi dua jenis, pertama adalah PHP Native dan yang kedua adalah Framework PHP. Berikut merupakan beberapa penjelasan terkait dengan kedua struktur tersebut.

1. PHP Native
Native adalah bentuk penulisan kode menggunakan PHP yang dimulai dari nol untuk merancang sebuah halaman website. PHP Native biasanya sering digunakan oleh para developer yang mempunyai keahlian khusus dalam hal coding dan menyusun sebuah algoritma dan struktur data yang baik. Sehingga dapat memungkinkan untuk membuat alur kerangka kerja yang optimal dan memiliki fungsionalitas tinggi.

2. Framework PHP
Ketika berbicara masalah framework, maka kita akan berfokus dalam bagaimana merancang sebuah alur atau kerangka kerja yang baik. Sehingga, dapat memungkinkan untuk bekerja secara lebih cepat, akurat, dan optimal. Tentunya, di dalam PHP sendiri juga memiliki framework khusus yang membantu tugas dari pengembang aplikasi berbasis web.

Beberapa framework PHP yang populer dan biasa digunakan saat ini adalah CodeIgniter, Laravel, Symfony, Yii, dan Zend framework. Apabila anda telah mahir dalam bidang native, alangkah lebih baik jika memulai bekerja dengan menggunakan sebuah framework. Dampak positif dari pengguna kerangka kerja adalah proses pengembangan software dapat berjalan lebih cepat dan sistem keamanan yang lebih terjamin.

Penutup

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan website dinamis dan berjalan pada server side scripting. 
Keunggulan dari PHP terletak pada proses integrasi sistem dengan server serta database. 
Untuk struktur penulisan dari PHP terbagi menjadi dua jenis, yaitu native dan framework. Dimana, framework yang sering digunakan saat ini adalah CodeIgniter (CI) dan Laravel.
See Also :