RazKode ID Loading...

Yuk Mari Berkenalan Dengan NFT

Seperti Yang Tiba Tiba Ramai Di Publik Tentang Seseorang Yang Meraup Milyaran Dari Foto Selfie. Saya akan menjelaskan apa itu NFT.

NFT memberikan cuan yang menggiurkan untuk para seniman, musisi, dan influencer dari investor yang bersedia membiayai gambar digital versi NFT mereka. Permainan perdagangan digital pada platform cryptocurrency Ethereum, seperti CryptoKitties adalah salah satu NFT ori. Memunginkan orang-orang untuk jual beli kucing virtal yang unik dan tersimpan di blockchain..

Pengertian Apa Itu NFT

NFT merupakan salah satu bagian dari konten digital yang mempresentasikan kepemilikan terhadap objek asli seperti lagu, video, karna seni digital, atau yang lainnya. Kemudian token NFT aan menjamin keasliannya dan tidak dapat diduplikasi dengan sebuah kode unik.


Dengan Non Fungible Token yang unik, sebuah karya seni menjadi satu-satunya di dunia, bahkan tidak bisa ditiru secara sembarangan. Pasalnya keaslian objek tersebut bisa dibuktikan. 

Seniman di dunia selama ini kerap mendapat masalah terkait karya seni miliknya ditiru. Namun, berkat NFT hal ini menjadi sangat menguntungkan. 

Sehingga apa itu NFT sudah menarik perhatian publik sejak dikenalkan 2021. Meskipun sebenarnya NFT sudah dikembangkan sejak 2014, namun baru booming belum lama ini setelah banyak seniman yang sadar pentingnya teknologi canggih tersebut. 

Keuntungan NFT

Apa itu NFT tentu saja mempunyai banyak keuntungan. Hal ini sangat penting untuk diketahui, sehingga Anda dapat memutuskan apakah perlu memilikinya atau tidak, berikut penjelasannya:

1. Kredibel dan Dapat Dipercaya

Blockchain  telah melewati proses verifikasi, sehingga langsung bisa dikenali dan tidak memungkinkan adanya pemalsuan.

2. Tingkat Duplikasi 0

Tidak sembarangan orang dapat melakukan penipuan, pasalnya NFT mempunyai konde unik yang terjaga rapi sehingga tingkat duplikasinya bisa dikatakan 0.

3. NFT Bersifat Tetap

Apa itu NFT bersifat tetap adalah tidak bisa diubah, dihilangkan, dan diganti karena token berbasis blockchain ini mampu meninggalkan jejak digital serta menjadi cara terbaik membuktikan keaslian sebuah karya.

4. Kelangkaan NFT Membuat Bernilai Tinggi

NFT termasuk aset yang sedikit, toen dengan jumlah langka atau rendah akan membuatnya bernilai dan berharga cukup tinggi.

5. NFT Menjadi Barang Koleksi

Meskipun wujudnya adalah barang digital, namun NFT bisa dijadikan untuk koleksi barang antik dan seni, objek ini dapat membantu seniman memproteksi karyanya agar tidak disalahgunakan, dipalsukan, apalagi dicuri.

6. Kontrak Pintar

Keuntungan menggunakan NFT berikutnya adalah tersedianya kotak pintar untuk mengeksekusi perintah  pada saat syarat tertentu telah terpenuhi, dengan demikian pemilik atau investor menjaga keamanan etika pengguna NFT. 

Bagaimana Cara Membeli NFT?

Pada dasarnya, seseorang dapat membeli gambar digital sebagai NFT. Namun, bagi Anda seorang pemula perlu memperhatikan beberapa hal. 

Pasalnya pembeli harus memantapkan pilihan untuk menetapkan pasar mana yang akan dibeli. Kemudian memilih jenis dompet digital untuk menyimpannya dan menentukan jenis mata uang kripto untuk menyelesaikan penjualan.

1. Persiapkan Mata Uang Kripto

Langkah pertama untuk memulai NFT, Anda memerlukan apa itu mata uang crypto, yakni Ethereum yang bisa dibeli melalui web atau mengunduh aplikasinya via Google Play Store atau App Store.

2. Kunjungi Situs Penjualan NFT

Jika sudah membeli dan menyimpan Ethereum di wallet, segera kunjungi situs penjualan NFT untuk menyambungkan wallet Anda, salah satunya adalah OpenSea.

3. Pilih My Profile

Pilih My Profile yang terletak di kanan atas layar dan selesaikan instruksi untuk menyambungkan wallet Anda. 

4. Cari NFT

Jika sudah terhubung, Anda bisa mencari NFT yang diinginkan dengan harga bervariasi mulai dari ratusan hingga jutaan dolar yang secara keseluruhan tergantung dari kelangkaannya.

5. Klik Buy Now

Jika sudah memantapkan pilihan NFT untuk dibeli tekan Buy Now, namun untuk pembelian dengan cara lelang harus mematok harga tertinggi untuk produk digital tersebut. 

6. Biaya Tambahan

Sebaiknya jumlah Ethereum dalam wallet Anda mempunyai sisa karena setiap pembelian akan memerlukan biaya tambahan sebagai energi untuk menyelesaikan transaksi di blockchain.


Nah, NFT telah resmi dibeli dan bisa langsung diakses via crypto-wallet Anda. Namun, saat ini harga NFT merangkak naik akibat masuknya para jutawan dan miliarder. Selain melakukan diversifikasi atas kepemilikan bitcoin, mereka juga tertarik akan ekosistem dari kripto.

Setelah Anda memahami apa itu NFT, Anda bisa memulai eksplorasi kelebihan non-fungible token ini di dunia game. Pasalnya NFt dapat Anda aplikasikan ke dalam game terdesentralisasi, yang akan memberikan beberapa keuntungan.

Pertama hak kepemilikan item in-game. Kemudian menjamin kelangkaan juga keaslian item game NFT yang terekam pada jaringan blockchain. Aset game NFT dapat dimanfaatkan di berbagai gem yang berbeda karena game terdesentralisasi memiliki kerangka kerja backend.

Selain itu, aset game NFT berdiri secara independen dan tidak dapat diduplikasi jika terekam dalam blockchain ketika diterbitkan. Apa itu NFT tampaknya menarik bagi para kreator dan seniman, pasalnya NFT bisa berkembang dan aksesnya mudah. 

Source : Raz.my.id

See Also :