RazKode ID Loading...

Rekomendasi Distro Linux Yang Bagus Untuk Kamu Pemula

 


Pengenalan Apasih Linux Itu?

Linux adalah sistem operasi gratis dan open source yang pada dasarnya dibangun di atas kernel Linux, yaitu sebuah kernel sistem operasi yang pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada 1991. Linux dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2. Hingga saat ini, ada ratusan distro Linux yang dapat kamu pakai. Linux cocok untuk digunakan para developer dan programmer guna keperluan pemrograman. Berikut akan saya bagikan beberapa distro linux yang mungkin cocok denganmu.

Dan karena hal tersebut, sistem operasi ini banyak dikembangkan oleh para developer. Alhasil, komunitas yang ada pun banyak dan tersebar. Coba lihat saja Ubuntu, salah satu distro Linux yang populer, memiliki banyak sekali komunitas dan pengguna dari seluruh dunia.

Meski Linux masih kalah populer dengan Windows dan MacOS. Nyatanya Linux memiliki tingkat keamanan dan performa yang lebih baik daripada kedua operasi sistem tersebut. Apalagi jika bukan karena komunitas yang banyak dan terus dikembangkan.

Sebab itu, Linux menjadi operasi sistem yang ideal juga Sobat ingin menggunakannya untuk kebutuhan programming dan development.

1. Ubuntu



Ubuntu adalah salah satu distro Linux paling populer. Dan ini merupakan pilihan yang bagus untuk pemula maupun profesional. Ubuntu berkembang menjadi turunan Debian yang digunakan untuk keperluan aplikasi cloud dan server.

Mungkin hal ini berkat dukungan Ubuntu LTS (Long Term Support / Dukungan Jangka Panjang) yang memberikan stabilitas tambahan bagi penggunanya selama 5 tahun. Ditambah lagi Ubuntu menggunakan manajer paket DEB dan juga paket Snap, sehingga proses menginstall perangkat lunak menjadi sederhana dan simpel.

Karena itulah Ubuntu menjadi sangat cocok bagi pengguna yang ingin mencoba Linux sebelum mencoba distro yang lain. Jika ingin bertanya seputar Ubuntu, tenang saja, sebab Ubuntu memiliki komunitas pengguna yang besar yang ada di seluruh dunia.

Download Ubuntu

2. Debian


Debian merupakan induk dari ratusan distro Linux yang ada saat ini. Oleh karena itu, Debian adalah salah satu distro yang banyak dikenal programmer. Karena distro Linux lain sebagian dikembangkan dari Debian.

Sama halnya dengan Ubuntu, Debian juga hadir dengan rilis stabilnya. Ya karena memang Ubuntu turunan dari Debian, tentu saja Debian stabil untuk digunakan.

Repositori distro ini merupakan tingkat atas. Jadi bukan pilihan yang tepat untuk orang yang baru memakai Linux. Debian adalah distro Linux yang ideal untuk pemrogram sistem dan pemrogram tingkat lanjut.

Download Debian

3. Fedora


Fedora adalah distro Linux yang disponsori oleh Red Hat. Fedora adalah salah satu edisi RHEL (Red Hat Enteprise Linux) sebagai ajang percobaan untuk menghasilkan distro yang stabil.

Fedora sangat cocok untuk programmer yang mencari distro perangkat lunak yang up-to-date dan ditambah dengan sistem yang dilengkapi pembaruan otomatis. Pembaruan pun dirilis setiap 6 bulan sekali, biasanya tidak terlalu menguras kuota banyak.

Untuk upgrade dari versi satu ke versi yang lainnya juga mudah. Distro ini benar-benar ideal untuk pemrograman dan stabil. Bahkan Linus Torvalds, pengembang Linux, lebih memilih menggunakan Fedora daripada distro lain.

Download Fedora

4. Arch Linux


Sobat mencari distro yang ringan namun performanya bagus? Arch Linux adalah jawabannya. Tak hanya ringan, namun juga fleksibel dan simpel.

Setiap informasi dan instruksi mengenai Arch Linux semuanya tersimpan di Arch Wiki. Jadi tidak perlu khawatir soal kendala yang akan ditemui, selain itu, komunitas Arch Linux juga termasuk besar.

Saat memutuskan menggunakan Arch Linux, Sobat harus mengikuti prosesnya. Mulai dari menentukan komponen yang diperlukan hingga selesai. Maka dari itu, Arch Linux ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut. Arch Linux adalah pilihan yang sempurna untuk programmer atau developer jika ingin menyesuaikan instalasi Linux dari awal.

Download Arch Linux

5. Linux Mint


Linux Mint merupakan distro linux yang berbasis Debian dan Ubuntu dan merupakan salah satu versi linux desktop yang paling banyak digunakan. Tujuan dari pengembangan Linux Mint adalah untuk menciptakan sistem operasi yang modern, elegan, powefull serta nyaman dan mudah untuk digunakan. Linux Mint memiliki dukungan penuh untuk fungsi multimedia serta aman untuk digunakan. Selain bersifat open source, anda tidak perlu lagi menggunakan antivirus, anti-spyware maupun aplikasi proteksi lainnya karena memang linux diklaim bebas dari virus dan sejenisnya. 

Linux Mint bisa digunakan untuk kebutuhan personal maupun company, karena memiliki dukungan Long term support release (LTS) selama lima tahun. Linux Mint tersedia untuk platform 32-bit maupun 64-bit serta berbagai edisi versi desktop yaitu Cinnamon, MATE, Xcfe, dan KDE. Versi terakhir untuk rilis Linux Mint adalah Linux Mint 18 dengan codename "Sarah".

Download Linux MInt

Penutup

Itulah beberapa distro yang saya reomendasikan untuk kamu yang ingin mencoba sistem operasi gratis. DIkarenakan windows berbayar dan juga banyak nya malware yang terpasang pada windows bajakan. Jadi mungkin inilah saatnya kamu beralih ke sistem operasi yang open source atau gratis.

See Also :